Toba Jou Jou Festival 2023: Bentuk Dukungan Bank Indonesia Sibolga pada UMKM

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga (KPwBI Sibolga) mengadakan Festival Toba Jou Jou untuk mendukung pengembangan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah di 16 (enam belas) wilayah kerja BI Sibolga, Jumat (26/6).

Festival Toba Jou Jou 2023 dilaksanakan di Lapangan Sisingamangaraja, Kawasan Pelabuan Mulia Raja
Balige, Kabupaten Toba. Festival Toba Jou Jou 2023 ini merupakan bentuk showcase hasil pengembangan UMKM KpwBI Sibolga yang dilakukan sinergi antara BI Sibolga dengan Pemerintah Daerah, Dekranasda, Indonesian Fashion Chamber (IFC), Nabata Consulting, Perbankan/BMPD, Stakeholders Utama (SU) dan lainnya.

Festival Toba Jou Jou 2023 mengusung tema Pengembangan Potensi UMKM dan Kopi Lokal Melalui Digitalisasi dan Globalisasi Demi Mendukung Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan. “Tema ini kami anggap menggambarkan begitu besarnya potensi UMKM di daerah seperti fashion, makanan dan minuman olahan, rempah-rempah serta kopi untuk menembus pasar global,” ujar Yuliansah Andrias, Perwakilan KPwBI Sibolga dalam laporannya.

Acara ini bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasiobal, pengembangan destinasi pariwisata super prioritas danau toba, serta memperluas akseptasi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI). Selain menampilkan showcase produk umkm hasil pembinaan dan pengembangan bank indonesia bekerja sama dengan stakeholder terkait juga menampilkan edukasi pada masyarakat trekait edukasi digitaliasai pembayaran.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara berharap Toba Jou Jou Festival turut berkontribusi dalam pengendalian inflasi dan menjaga daya beli masyarakat.

“Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat memberikan multiplayer effect yang besar dan mulai akselerasinya aktivitas ekonomi masyarakat sekitar seperti UMKM lokal hingga pengendalian inflasi di kawasan Danau Toba” tutur I Gede Putu Wira Kusuma selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara dalam sambutannya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Toba juga berharap Kabupaten Toba bisa unggul lewat tiga bidang, meliputi pariwisata, pendidikan dan pertanian. “Kalau tiga ini bisa kita jadikan unggul, dengan bekerja sama, saya yakin Toba ini akan benar-benar unggul dan bersinar,” pungkas Potak Sitorus, Bupati Kabupaten Toba.