5 Manfaat Toba JouJou Festival 2023

Toba JouJou Festival merupakan Strategic Flagship Event Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga (KPwBI Sibolga) yang dipersembahkan untuk mendukung pengembangan UMKM di 16 (enam belas) wilayah kerja BI Sibolga.

Event ini merupakan bentuk showcase hasil pengembangan UMKM KpwBI Sibolga yang dilakukan sinergi antara BI Sibolga dengan Pemerintah Daerah, Dekranasda, Indonesian Fashion Chamber (IFC), Nabata Consulting, Perbankan/BMPD, Stakeholders Utama (SU) dan lainnya.

Event yang diinisiasi sejak tahun 2021 ini telah memberikan dampak dan manfaat yang baik bagi UMKM, Pemerintah Daerah, masyarakat, maupun bagi BI Sibolga.

Berikut ini 5 Manfaat Toba Jou Jou Festival 2023:

Meningkatkan Kualitas Program Pendampingan UMKM

Adanya Toba JouJou Festival diharapkan dapat meningkatkan kualitas program pendampingan pengembangan UMKM Sibolga. Event ini juga bisa menjadi semangat baru para UMKM karena produknya mendapat tempat untuk dipasarkan.

Memudahkan Filter UMKM untuk Berbagai Event

Setelah Toba JouJou Festival terlaksana, data dan informasi UMKM Sibolga yang potensial dan unggulan yang tercatat dapat digunakan oleh BI maupun Pemda untuk memilih jenis dan kategori UMKM yang akan diikutsertakan dalam berbagai event, baik yang sifatnya lokal, nasional maupun internasional.

Meningkatkan Hasil Penjualan Produk

Peserta Toba JouJou Festival telah menerima manfaat peningkatan hasil penjualan produk, peningkatan kompetensi SDM, memperluas akses pemasaran melalui bussiness matching dan pameran, memperluas akses pembiayaan dan jalinan bisnis serta peningkatan kualitas pengelolaan usaha.

Menjadi Brand Positioning di Mata Stakeholders

Toba JouJou Festival menjadi event bersama BI Sibolga, Pemda dan Lembaga/Asosiasi/Akademisi yang dapat menjadi brand positioning yang positif di mata stakeholders internal maupun eksternal Bank Indonesia maupun di pusat.

Mempercepat Pemulihan Ekonomi

Wujud nyata peran KPw BI sebagai institutional leadership di daerah dan menindaklanjuti Program Strategis Bank Indonesia, serta arahan Gubernur BI dalam mempercepat pemulihan ekonomi di masa kenormalan baru dan transformasi digital.

Penyelenggaraan Toba JouJou Festival sebelumnya telah menghasilkan partisipasi UMKM dan tingkat kehadiran yang malah dapat di ekskalasi ke level lebih tinggi lagi. Demikian halnya dengan outcome berupa penambahan UMKM yang naik kelas dan peningkatan penjualan UMKM yang lebih tinggi.